Minggu, 04 September 2011

5 Pekan Pertama di Alba (part 1)


Assalamu’alaikum!

Weleh-weleh udah lama ndak ketemu sama blog ini, secara sekarang ane anak boarding Alba angkatan 13, wkwk. Maaf ya yang udah nunggu lama cerita ane di Alba. Ane terserang penyakit males ngetik. Banyak banget sih yang bisa diceritain di Alba, dari mulai Ma’ruf, rafting, MOS, jurit malam, hingga KBM. Banyak deh, ane akan membagi cerita tersebut dalam 3 bagian. Bagian pertama mencakup pengalaman ane pada minggu pertama, bagian kedua tentang minggu kedua, dan bagian ketiga berisikan minggu ketiga, keempat, dan kelima.

Oke, silakan menikmati perjalanan ane di Alba pada minggu pertama. Mulai dari gempa selamat datang, arung jeram, hingga kunjungan ke Yayasan Gunung Jati.


Ahad, 17 Juli 2011
Hari ini ane berangkat ke Alba, meninggalkan Bekasi tercinta. Sepanjang perjalanan ane sms temen-temen untuk pamitan. Kira-kira pukul 9.30 ane nyampe di Alba. Langsung ane dan keluarga angkat barang ke asrama. Asrama yang ane tinggali bernama Asrama Putih, Asput singkatnya. Di Alba ada 3 asrama: Asrama Hijau (Asjo), Asrama Putih (Asput), dan Asrama Baru (Asbar). Di Asput ane kebagian kamar 14. Sedangkan temen SMP ane, Afa, dapet kamar 3.

Asput ini terdiri atas 20 kamar dan 12 kamar mandi. Anak Alba menganggap Asput punya 2 blok: Blok TV dan blok WC. Blok TV terdiri atas 10 kamar yang dekat dengan TV, sedangkan blok WC terdiri atas 10 kamar yang dekat dengan WC. Tiap kamar kira-kira berukuran 3x4 meter dan dihuni oleh 4 orang.

Selepas Zuhur Afa cerita kalau di angkatan kami ada temen SD nya Mukti, Dadam, Lia, dkk. Namanya Adam Muhammad. Langsung kami berdua mencari namanya di Asput, ternyata dia di kamar 11. Pas ketemu, kami dibawa ke kamar 12. Di kamar ini ada temen SMP nya Adam, Nauval namanya. Di sana kami berempat bertukar cerita semasa SMP.

Ketika ane duduk di masjid menunggu Maghrib, ane merasakan gempa. Walaupun getarannya ndak selama dan sehebat gempa Aceh dkk, namun cukup untuk membuat ane dan yang lainnya panik berlari keluar masjid. Ane menyimpulkan gempa itu sebagai ucapan selamat datang kepada angkatan 13.

Senin, 18 Juli 2011
Hari pertama Ma’ruf. Ma’ruf (Masa Ta’aruf) merupakan kegiatan perkenalan antara murid baru dengan sekolah dan isinya. Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari. Ma’ruf ini menitikberatkan pemberian materi kepada murid baru. Materi-materi yang diberikan berisi tentang pelajaran akhlak dan sebagainya. Kami juga diajarkan bagaimana menjadi mandiri di Alba. Mulai dari mencuci, menjemur,menyetrika, hingga memasang seprai, semuanya diajarkan pada saat Ma’ruf.

Rabu, 20 Juli 2011
Setelah jenuh 2 hari hanya mendengar guru memberikan materi, pada hari ketiga akhirnya kami rafting. Ini pengalaman rafting pertama ane, seumur-umur baru kali ini rafting. Ane lupa nama sungai yang digunakan untuk rafting Alba. Yang jelas rutenya itu sepanjang 9 km. Ndak seru kalau ndak jatuh dari perahu saat rafting, baik disengaja maupun tidak. Ane dkk “menenggelamkan diri” untuk merasakan rasanya hanyut, haha. Seru abis deh, pulang-pulang kami semua basah kuyup.

Esoknya banyak yang masuk angin, ane dan Afa tak terkecuali. Dan sialnya ane terkena konstipasi (mampet BAB) sedangkan Afa terserang diare. Alangkah malangnya kami berdua. Afa sampai tidak bisa ikut kegiatan Ma’ruf untuk beberapa hari.

Sabtu, 23 Juli 2011
Hari ini kami mengadakan kunjungan ke Yayasan Gunung Jati. Letaknya tidak jauh dari Alba, hanya 2 kilometer kok. Namun kami harus berjalan kaki 2 km dan rutenya itu naik-turun gunung. Ini baru pertama kalinya ane jalan kaki sejauh ini dengan cara naik turun gunung. Lelah pastinya menghampiri kami, namun pemandangan yang kami nikmati sepanjang perjalanan seakan mengobati rasa lelah tersebut. Panorama alam yang menakjubkan, yang tidak mungkin ane lihat di Bekasi :p. Pulang dari sana kami hanya berjalan kaki 1 km, sisanya naik angkot hingga Alba.

Sorenya ada tes Ma’ruf. Semacam tes tulis berisi materi-materi yang telah kami dapatkan di sini. Setelah tes Ma’ruf selesai mulailah acara penutupan Ma’ruf. Pada acara ini ada hasil angket guru-guru Alba. Farewell Ma’ruf! Sekarang kami punya waktu istirahat hingga besok.

Ahad, 24 Juli 2011
Ketemu lagi deh sama hari Ahad. Kami diperbolehkan keluar Alba untuk melepaskan penat. Kami hanya diperbolehkan pergi ke Cibadak dan Sukabumi. Hari ini pula keluarga ane datang menjenguk. Alhamdulillah mereka bawa obat konstipasi, haha. Sebelum Zuhur mereka udah balik lagi ke Bekasi. Selepas Zuhur ane dan Afa keluar Alba ke Cibadak. Kami berdua cari warnet yang ndak rame, kami mau online haha. Ndak banyak sih yang online saat itu. Ane menyempatkan diri ngirim e-mail ke beberapa sahabat. Pulang dari warnet kami berdua mampir dulu ke Indomaret untuk mengisi amunisi (baca: beli cemilan) untuk di asrama.

Nah sebelum Asar pas ane lagi duduk di masjid, eh ada gempa lagi. Walaupun banyak yang ngibrit keluar masjid, namun tidak bagi ane. Ane menginginkan syahid, wkwk. Getaran gempa kali ini relatif lebih kecil dari sebelumnya. Yah, ndak terasa sudah seminggu ane di Alba.

Oke, kita ketemu lagi di minggu kedua. See ya!

Wassalamu’alaikum!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar