Minggu, 04 September 2011

5 Pekan Pertama di Alba (part 2)


Assalamu’alaikum!

Minggu kedua di Alba mencakup MOS dan Science Day. Inilah minggu favorit ane. Dua kegiatan seru tersebut memberikan pelajaran berharga kepada ane. Tanpa banyak basa basi lagi, check these out.


-MOS-
Senin, 25 Juli 2011
MOS! Ternyata ada juga MOS di Alba. Dan ane dengan jujur menyatakan bahwa ini adalah MOS yang paling hebat yang pernah ane alami. MOS dipegang penuh oleh kakak kelas, tanpa campur tangan dari pihak sekolah. Selama MOS kami dibagi menjadi 10 PAK, ane dapet PAK 7 yang dipegang oleh Kak JP dan Kak Fauzan. Seksi yang paling ditakuti pada MOS ini adalah Seksi Tatib (Tata Tertib) yang diketuai oleh kak Umair Al Anshory dan beranggotakan 5 kakak kelas yang bermuka sangar, contohnya Kak Dear, Kak Rafdi, Kak Haryo, dan 2 orang lainnya. Suara mereka menggelegar menciutkan nyali setiap murid baru. Jangan macem-macem deh sama Tatib, hehe.

Ane sering dapet masalah sama Tatib lho. Bukan MOS namanya kalau ndak dapet “kuah” dari Tatib. Hari pertama MOS kamar ane kena omelan Tatib lantaran lampu kamar belum dimatiin. Padahal yang terakhir keluar kamar bukan ane, tetep aja yang kena satu kamar. Hukumannya pertama push-up, terus lari dari tempat omelan ke gerbang Alba dan balik lagi dengan Kak Rafdi yang menghitung dari 1 sampai 10. Kalau hingga hitungan 10 belum balik ke tempat omelan, ulang lagi. Maknyos, gan. Alhamdulillah kamar ane ndak kena.

Lanjut ke acara pengumpulan tanda tangan kakak kelas, di sini ane kena masalah lagi sama Tatib. Jadi ceritanya untuk mendapatkan tanda tangan beberapa kakak kelas, ane harus membuka pintu kamar Tatib dan berkata “pesek-pesek-pesek” dengan tangan kanan mengusap-usap hidung. Itu artinya mengejek salah satu anggota Tatib, kebetulan ada yang pesek. Namun jika satu anggota kena ejek, tim full Tatib langsung bertindak. Ane merasa ngeri awalnya, namun melihat bukan ane saja yang harus melakukan hal itu (yap, ada 5 orang lagi yang bersama ane), so rasa ngeri itu akhirnya ane coba kubur dalam-dalam. Dibuka pintu kamar, pesek-pesek-pesek, langsung kak Rafdi membanting pintu kamar guna menutupnya. Alhamdulillah lega ternyata hanya begitu saja. Kami berenam kembali ke kamar beberapa kakak kelas (yang menyuruh kami melakukan hal itu) untuk mendapatkan tanda tangan mereka. Namun tiba-tiba...

Terdengar teriakkan dari luar kamar. Ternyata itu Kak Haryo. “SIAPA YANG TADI NGEJEK TATIB DI SINI?! JUJUR! CEPET MASUK SINI!” teriaknya. Seakan jantung ane berhenti berdetak. Kami berenam langsung berjalan masuk kamar Tatib dengan diselimuti rasa ngeri yang besar. Di dalam sana kami dibentak, ditanya alasan kami melakukan hal yang tidak benar itu, dan juga disuruh cuci muka guna sadar dari apa yang telah kami perbuat. Pokoknya saat itu adalah saat yang paling menegangkan dalam hidup ane. Sekitar 15 menit kami berada di sana, akhirnya kami diperbolehkan keluar. Teman-teman satu angkatan langsung menghampiri kami, bertanya keaadan kami selama di dalam. Ada sedikit rasa bangga pula bahwa ane pernah masuk kamar Tatib dan diomeli mereka begitu dahsyat, tidak banyak teman-teman ane yang beruntung seprti ane dan 5 orang lainnya, haha. Singkat cerita, malamnya kami disuruh tidur lebih awal guna mempersiapkan diri untuk jurit malam esok dini hari.

Selasa, 26 Juli 2011
Yang spesial dari hari kedua MOS ini adalah Jurit malam. Tengah malam kami dibangunkan dan dikumpulkan di lapangan depan masjid. Angin malam di sini sungguh menusuk tulang. Ane menggigil hebat ketika itu. Belum pernah ane seperti ini. Setelah semuanya terkumpul, kami berangkat ke luar Alba menuju lapangan yang lebih luas. Kurang lebih 10 menit kami sampai di sana dengan melalui tanjakan-tanjakan hutan.

Sesampainya di lapangan kami diperkenankan duduk. Satu-persatu dua orang dari kami dipanggil untuk memulai jurit malam. Ketika sedang menunggu giliran, ane melihat komet melintas di langit. Kejadian yang orang sering bilang bintang jatuh ini ane alami 3 kali. Subhanallah, baru pertama kali ane melihat hal yang seperti itu, bahkan langsung 3 kali.

Akhirnya nama ane terpanggil. Ane ditemani Faqih dalam jurit malam ini. Kami berdua hanya diberikan sebatang lilin. Sebelum berangkat, kami diberi petunjuk arah ke pos selanjutnya, kami juga dianjurkan untuk berdzikir dan memberi salam kepada siapa saja,baik orang maupun yang seperti orang. Kami juga diingatkan bahwa belakangan ini ada 3 warga yang baru saja meninggal. Satu di antara mereka meninggal dengan sebab yang tidak jelas.

Perlahan tapi pasti kami menyusuri bukit hingga sampai ke pos selanjutnya. Dari sana, kami diharuskan memasuki area kuburan untuk mencapai pos selanjutnya. Kuburan di sini bukan seperti TPU di kota. Kuburan ini hanya dikelilingi hutan. Kami berdua berjalan dengan perlahan, menghindari menginjak kuburan seseorang. Ngeri, banget, itu yang ane rasakan. Secara sekeliling ane itu orang yang udah meninggal semua. Di tengah kuburan tiba-tiba terdengar suatu jeritan. Ane panik dan secara tidak sengaja memadamkan lilin. Gelap. Kami berdua sekarang harus menyusuri kuburan dalam keadaan gelap.

Singkat cerita, kami berdua sepanjang perjalanan dikagetkan oleh kakak kelas, baik itu di kuburan, hutan, perkampungan, dll. Akhirnya kami sampai juga di Al-Bayan. Kami diwajibkan tidur di masjid setelah melaksanakan tahajud.

Pagi harinya ada kegiatan Diskusi Panel. Kegiatan ini serupa dengan forum debat. Salah satu dari kami dipilih untuk menjadi moderator. Dan yang terpilih adalah Abyan. Diskusi panel ini mendebatkan perlukah senioritas di Al-Bayan. Dari 10 PAK, yang setuju dengan kalimat tersebut hanya PAK 7, yaitu PAK ane. Sisanya menolak. Diskusi panel ini tiba-tiba berubah menjadi kacau. Banyak interupsi dari kakak kelas yang mencemooh kurang tegasnya Abyan. Lama-kelamaan banyak kakak kelas yang ribut. Bahkan ada yang bermain fisik. Kami murid baru hanya bisa diam. Akhirnya bubarlah kegiatan ini. Ane merasa semua ini telah direncanakan, haha. Tidak mungkin kakak kelas yang sudah 2 tahun di Alba bersikap seperti ini. Interupsi, haha.

Siangnya kami disuruh berbelanja ke Cibadak untuk membeli barang-barang dengan nama yang aneh. Sudah tidak asing lagi kegiatan ini dalam tiap MOS.
Berikut nama-nama aneh tersebut:
- Air mineral merek VNOV.
- Permen tidak konsisten.
- Minuman daerahku.
- Putih mulus di luar, dalamnya kacang.
- Sari kue ragi.
- Kue lebih baik.
- Snack simpanan.
- Air kobokan.
Hayo bisa ndak menerjemahkan mereka semua :p.

Pada saat belanja kami juga membeli banyak air mineral. Itu semua untuk bekal lintas alam esok hari. Malam harinya ada pengarahan lintas alam esok hari. Sebelum tidur tiap PAK wajib membuat yel-yel.

Rabu, 27 Juli 2011
Hari terakhir MOS ini diisi dengan kegiatan Lintas Alam. Tiap PAK berjalan melintasi alam sepanjang 20 km mulai dari Alba hingga balik lagi ke Alba. Ada 5 pos dalam lintas alam ini di mana tiap pos memerlukan password untuk memasukinya. Tiap pos berisi pertanyaan maupun permainan. Yang paling seru adalah pos 4 a.k.a pos Tatib, hehe. Rute yang akan kami lewati bervariasi. Pertama kami melewati kali dan selokan (serius, bau jamban). Lalu kami melewati perkampungan sebelum menyusuri perkebunan dan hutan. Kemudian kami menanjaki gunung kapur yang terik, segersang padang pasir. Lalu turun ke perkampungan, dan seterusnya hingga sampai di Al-Bayan.

PAK ane sebenarnya beranggotakan 8 orang, namun karena sebab tertentu kami hanya tinggal 5 orang. Seperti biasa, pada pos Tatib kami kena omel. Selepas Zuhur PAK ane akhirnya sampai di Alba. Walaupun lelah berjalan kaki 20 km, namun itu semua tidak sebanding dengan pengalaman yang kami dapat.

Sore harinya, 2 PAK digabung untuk menampilkan sesuatu pada saat pentas seni nanti malam. PAK ane digabung dengan PAK 8, akan menampilkan sesuatu sejenis talk show. Ketika malam datang, pensi pun dimulai di aula. Semua PAK menampilkan sesuatu yang hebat. Selepas pensi, dimulailah acara penutupan MOS. Kami menonton video dokumentasi selama MOS. Kami juga menonton hasil angket kakak kelas. Dan yang paling heboh adalah ketika kami menonton video lip sync  7 Icons yang diperagakan oleh beberapa kakak kelas. Gokil abis, wkwk.

-SCIENCE DAY-
Kamis, 28 Juli 2011
MOS akhirnya selesai. Ndak ada lagi omelan dari Tatib. Mari kita sambut Science Day! Science Day ini berisi tentang perkenalan sains dengan cara yang asik. Science Day berlangsung 3 hari. Selama Science Day ini ane baru menyadari asiknya sains. I love you Al-Bayan!

Sabtu, 30 Juli 2011
Hari terakhir Science Day. Di akhir kegiatan ini ada cerdas cermat. Sebelumnya kami telah diseleksi tiap kelas. Tiap kelas memilih 3 orang untuk mengikuti cerdas cermat ini. Alhamdulillah ane dan 2 orang lainnya terpilih untuk mewakili kelas X.3. Dan alhamdulillah Afa juga lolos seleksi mewakili kelas X.1 bersama 2 orang lainnya. Cerdas cermat ini dimenangkan oleh kelas X.1. Congrats Afa, kelas ente menang. X.3 menempati peringkat kedua. Hadiahnya adalah voucher belanja di koperasi. Juara 1 mendapat voucher 50.000, juara 2 mendapat voucher 40.000, dan juara 3 dapat voucher 30.000.

Esok harinya seperti biasa ane dan Afa ke warnet buat online. Tapi sekarang bukan ke warnet di Cibadak, namun warnet Alba itu sendiri. Mumpung sepi, ane dan Afa memanfaatkan hal ini untuk online.

Alhamdulillah, ndak terasa udah 2 minggu di Alba. Sampai bertemu lagi di bagian 3 ya.

Wassalamu’alaikum!
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar