Minggu, 04 September 2011

5 Pekan Pertama di Alba (part 3)


Assalamu’alaikum!

Bagian 3 ini mencakup KBM di Alba beserta kegiatan setelahnya. Detik-detik terakhir sebelum ane pulang ke Bekasi juga ada di sini. Well, just read it.


-KBM di Al- Bayan-
Kegiatan Belajar Mengajar di Alba ternyata berbeda dengan sekolah negeri pada umumnya. KBM di sini relatif lebih cepat. Terbukti dalam 2 minggu KBM di sini. Minggu pertama bab 1 sudah selesai dipelajari semua. Minggu kedua langsung full ulangan harian hampir seluruh pelajaran. Kalau di sekolah negeri pada umumnya bab 1 saja butuh lebih dari satu minggu untuk tuntas. Ulangannya juga tiap beberapa bab. Jadi sulit untuk menghafal pelajaran. Belum lagi guru-gurunya yang kadang masuk kadang tidak.

Bobot soal-soal ulangan di Alba lebih berat dari rata-rata sekolah negeri. Jadi di Alba kalau ada ulangan harian dan dapat nilai pas dengan kkm atau lebih, akan ditambah 10 nilai. Misal ulangan harian MTK ane 75 (serius), nilai ane di rapot akan menjadi 85. Untuk mendapat  nilai pas kkm di alba itu sulit, serius, sulit banget. Jadi wajar saja kalau remedial sudah tak asing lagi di sini. Remedial dianggap hal yang biasa. Bahkan ada yang remedial sampai 4 kali. Ini semua dilakukan untuk membuat kami mengerti akan pelajaran yang diberikan. Semua jerih payah remed terbukti ketika lulusan Alba bertarung dengan sekolah lain dalam tes masuk PTN. Sampai tulisan ini dibuat hampir 100% lulusan Alba diterima di PTN.

Selama 2 minggu KBM, pada angkatan ane mungkin hanya kurang dari 5 orang yang belum pernah kena remed pelajaran apapun. Dan alhamdulillah sampai tulisan ini dibuat ane termusak yang belum kena. Doakan ane semoga selama di Alba ane ndak kena remed ya.

Di Alba pula kami dididik menjadi pribadi yang jujur. Tidak ada contek-menyontek di sini, apalagi kerja sama saat ulangan. Perilaku tersebut haram, dan itu merupakan langkah awal menjadi seorang koruptor. Walaupun ndak ketahuan nyontek selama di alba, percayalah Allah akan membalasnya saat PTN. Belajarnya akan sulit selama kuliah. Jadi, mari kita semua bakar sifat menyontek yang ada dalam diri kita. Bertaubatlah, hentikan contek-menyontek dan kerja sama saat ulangan demi Indonesia yang lebih baik. Siapa lagi kalau bukan kita generasi muda yang akan melanjutkan perjuangan membela Indonesia ini. Malulah terhadap diri sendiri kalau kalian menyontek. Malulah pada pencipta kalian! (maaf OOT)

Al-Bayan baru-baru ini penilaian akreditasi, dan alhamdulillah terakreditasi A seperti sebelumnya. Faktanya, Alba pernah ditawarkan menjadi sekolah berbasis RSBI namun Alba merasa ndak perlu dijadikan sekolah RSBI lantaran sistem yang dijalankan Alba sudah mantap, yang penting kan hasil lulusannya, bukan status sekolahnya. Bahkan pernah Bupati Sukabumi memaksa merayu Alba untuk dijadikan sekolah RSBI. Al-Bayan pula menduduki peringkat pertama se-Indonesia dalam hal KTSP tingkat sekolah mandiri dan SSN. Ane bangga sekolah di sini :D.

-INDEFEST (Indonesia Independent Festival)-
Kegiatan ini berisi lomba-lomba 17 Agustus. Alba mengadakan lomba egrang, gambar, panco, tangkap belut, sepak terong, layangan, tarik tambang, makan kerupuk (selepas tarawih), dll. Ane dan Afa ikut lomba egrang, padahal baru 3 hari kami mengenal dan latihan egrang, itupun masih dalam tahap pemula. Lomba egrang ini tiap kelas estafet 2 orang, dan rutenya menanjak. Pertama-tama tiap angkatan diseleksi untuk maju ke babak final. Alhamdulillah kelas X.1 (Afa & Roby) yang lolos ke babak final. Babak final ini mengadu 3 angkatan. Afa & Roby mewakili kelas X.1 sekaligus angkatan 13 menduduki peringkat kedua.

Lomba yang paling dinanti-nanti adalah panco. Yang jelas ane ndak berpartisipasi dalam lomba ini, hehe. Walaupun dalam hari-hari puasa, bukan berarti menyurutkan semangat kami untuk berpartisipasi dalam lomba-lomba tersebut. Lapar dan haus mungkin menyerang kami, namun itu semua tak sebanding dengan kesenangan yang kami dapat.

-MUSAFIR (Musabaqah Fi Ramadhan)-
Kegiatan ini sama seperti INDEFEST, berisi lomba-lomba, namun secara Islami. Misalnya Syahril Qur’an, azan, kaligrafi, cerpen islami, dll. Ane berpartisipasi dalam lomba cerpen islami dan alhamdulillah diganjar peringkat pertama, mewakili kelas X.3 dan angkatan 13. Ane ternyata bakat juga jadi penulis ya, hehe. Peringkat kedua dan ketiga diraih oleh kelas 11. Alhamdulillah, prestasi pertama ane di Alba J.

-Sebelum Pulang-
Sebelum hari pulang, kami semua bermalam di masjid. Sebelumnya ketua MUI Bandung datang untuk memberikan ceramah tentang peringatan nuzulul qur’an. Esok harinya ane packing dll. Kami berpamitan, ane numpang bareng orangtuanya Afa, secara tempat tinggal kami berdekatan. Ane merasa ini seperti perpisahan SMP ane. Walaupun baru 5 minggu di Alba, namun rasa kekeluargaan di sini begitu erat. Ane kangen Alba, jadi pingin cepet-cepet masuk Alba lagi. Miss you Alba, mulai dari para guru yang gokil hingga teman-teman yang ndak tau diri, haha.

~~~
Alhamdulillah selesai juga. Jujur aja ane ini banyak menyingkat cerita. Sebenarnya masih banyak (banget) yang belum ane ceritain. Kalau ane paparkan semuanya di blog, mungkin aja bisa sepanjang novel, wkwk. Okay, see you in the next story of mine and Alba!

Wassalamu’alaikum!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar