Minggu, 04 September 2011

Everything About Al-Bayan


Assalamu’alaikum!

Orang bilang pesantren itu membosankan. Terikat dengan kegiatan ibadah yang ketat. Hidup di bawah satu atap yang sama dengan beberapa orang. Disiplin tiap waktu. Dan sebagainya.

Mungkin kalian pikir ane ini memilih pilihan yang salah, masuk pesantren, membuang masa indah SMA: Hang out, coupling, dll. Mengapa ndak masuk SMA Negeri yang kualitasnya jauh lebih baik? Sayang tuh otak ente masuk pesantren, mending masuk RSBI lagi.

Namun kalianlah yang salah. Ane hepi-hepi aja kok di sini. Malah lebih hepi daripada saat SMP.

Mau tahu apa aja sih yang ada di Alba? Bagaimana kondisi ane di sana? Mau tahu fakta-fakta menarik Alba? Semua (insyaAllah) ada di sini. Berikut ini ane cantumkan sesuatu yang berhubungan dengan ane dan alba... Entri ini akan mengalami update seiring berjalannya waktu.


Al-Bayan Bukan Sepenuhnya Pesantren
Yap, Alba ndak punya kiai seperti kebanyakan pesantren. Semua guru di Alba sama statusnya. Ibadah di Alba juga ndak seketat pesantren pada umumnya. Ane memandang Alba sebagai SMA biasa yang ditambah “boarding” dan bernuansa islami.

Angkatan
Di Alba, yang ada tuh nama angkatan, bukan nama kelas lagi. Jadi yang kompak tuh satu angkatan, bukan satu kelas doang. Untuk angkatan 11 bernama DORGIOCAVALL diketuai oleh Kak Umair, angkatan 12 bernama FUERZA UNICA diketuai oleh Kak Wira, dan angkatan 13 (angkatan ane) hingga tulisan ini dibuat belum mempunyai ketua dan nama, wkwk. Doain ya biar punya nama dan ketua yang hebat.

Asrama
Ada tiga asrama di Alba: Asjo (Asrama Hijau), Asput (Asrama Putih), dan Asbar (Asrama Baru). Sampai tulisan ini dibuat ane tinggal di asrama putih beserta teman-teman seangkatan.

Be’ol
Eits, jangan salah kaprah, itu singkatan dari “belajar sambil OL”. Banyak cara supaya kami bisa be’ol, di antaranya adalah pelajaran TIK. Biasanya kelas ane pas TIK pada main CS nge-LAN, seru daah. OL di Alba juga bisa sesering mungkin karena adanya warnet, so ane insyaAllah ndak akan lost contact sama kalian.

Begadang dan Menginap di Kamar Lain
Kadang banyak yang begadang. Bahkan tidur di kamar orang, jadi satu kamar yang tidur lebih dari 4 orang. Ini biasanya dilakukan malam minggu, karena besoknya kan Ahad yang berarti bebas belajar. Di kamar bisa ngobrol ampe larut malam, main UNO, atau main catur.

Belajar Mandiri
Setelah isya, kami di asrama belajar mandiri. Biasanya para guru datang untuk sekadar bimbel. Yap, bimbel gratis tiap malam, haha. Yang males belajar mandiri biasanya diem di kamar dan ngemil atau ngobrol. Tapi kebanyakan belajar karena untuk menghadapi ulangan harian dan remedial yang tak kunjung selesai-_-.

Cewek?
Oke, di Alba emang ndak ada siswinya. So, ndak ada pacaran. Ane lihat dari segi positif aja. Pertama, mata ane ndak jelalatan. Kedua, ndak ada lagi sakit hati. Ketiga, jauh dari perbuatan setan. Dan masih banyak lagi. Oh iya karena jarang liat cewek, pas pulang ke Bekasi dan liat cewek, rasanya beda gimana gitu. Menemukan sesuatu yang lama hilang, wkwk. Namun tetap harus menundukkan pandangan. Cewek itu haram selagi belum muhrim. Sebenarnya ane mau jabarkan sesuatu tentang pacaran,, namun semua sudah ada di sini.

Cibadak atau London?
Udara di sini dingin banget pas pagi-pagi. Kalau napas lewat mulut bisa keluar asap lho. Cibadak layaknya London, haha. Ya itung-itung latihan sebelum jadi mahasiswa luar negeri :p. Bahkan pas main futsal Ahad pagi ada yang keluar asap dari tubuhnya. Ane bingung mau ngomong keren atau kelainan...

Ekstrakulikuler
Di Alba ada ekskul wajib dan ekskul pilihan. Dan di Alba ane mengikuti ekskul Jurnalistik, Nobel, dan Sanggar Sastra. Tadinya ane ikut Futsal, tapi kayaknya capek, jadi ane ganti ke Sanggar Sastra. Lagipula ndak ikut futsal juga bisa jago kok karena mainnya sama anak jago melulu :p.

Futsal
Alba punya lapangan sendiri, bahkan melebihi satu lapangan Champion Futsal di Bekasi. Beuh, di sini jago-jago semua, sebanding lah sama Kevin (temen SMP ane) bahkan lebih. Biasanya malam minggu pada main futsal. Atau tiap Ahad pagi kami bermain. Dan itu semua nyeker. Tendangan anak-anak Alba kenceng lho, mungkin karena tiap saat naik-turun tangga, jadi betisnya tok cer.

Galau di Al-Bayan
Haha, di Al-Bayan banyak yang galau lho, termasuk ane pastinya. Biasanya setelah belajar mandiri ane minjem MP3 Afa buat denger lagu Secondhand Serenade. Galau ampe malem, wkwk. Terkadang juga bisa aja naik ke atap masjid buat galau sambil ngeliat matahari terbenam. Ditambah denger lagu galau, wah ngena banget galaunya. Ndak pernah ane segalau ini di Bekasi.

Jadwal Keluar
Tiap Ahad kami diperbolehkan keluar Alba untuk melepas penat. Tentu keluar di sini bukan berarti ndak sekolah lagi di Alba, keluar di sini berarti keluar untuk jalan-jalan. Kami hanya diperbolehkan pergi ke Cibadak dan Sukabumi. Ke Cibadak tiap minggu diperbolehkan pergi sekali, sedangkan ke Sukabumi hanya sekali tiap bulan. Jika keluarnya sebelum zuhur, paling telat kembali lagi pas azan zuhur untuk shalat berjamaah. Jika keluarnya setelah zuhur, paling lambat pas azan asar sudah berada di Alba untuk shalat berjamaah. Untuk yang pergi ke Sukabumi boleh pergi sebelum zuhur dan kembali lagi paling lambat pas azan asar.

Jadwal Makan
Kami dilatih untuk hidup teratur di sini. Makan saja dijadwal. Untuk sarapan waktunya adalah setelah subuh hingga bel masuk sekolah berbunyi. Makan siang setelah zuhur hingga bel siang berbunyi, dan makan malam pukul 5 sore hingga sebelum maghrib.

Jam Tangan
Jam tangan ane bermerek ALBA. Dan Alba merupakan panggilan singkat bagi Al-Bayan. Ane mendapatkan jam tangan itu ketika SMP. Mungkin ane memang ditakdirkan bersekolah di Alba, who knows?

Kuliah
Al-Bayan udah kayak kuliah aja. Ane kalo ke kelas kadang ndak bawa tas, cuma bawa buku sama tempat pensil. Pas istirahat ane balik lagi ke asrama nuker buku pelajaran pagi ke siang, dan seterusnya. Juga pas hari Sabtu kan masih sekolah, tapi ndak pake seragam, pake kemeja bebas. Yoi, kayak kuliah abis. Udah gitu kita tinggal di asrama yang serupa dengan ngekos. Jadi, ya ane belajar menjadi seorang pra-mahasiswa, haha.

Lembaran Tugas Ubudiyah
Selama puasa di Alba kami diberikan lembar tugas tentang aktivitas ibadah sehari-hari. Ngisinya harus jujur, check list kolom ibadah yang kita lakukan pada hari itu. Shalat fardhu berjamaah hukumnya wajib di Alba. So, yang munfarid terpaksa harus menyilang kolom ibadah yang ia lakukan saat itu. Alhamdulillah di Alba ane banyak check list-nya. Pas pulang juga dikasih lagi lembar tugas itu, tapi sekarang ane banyak silangnya, lantaran kebanyakan shalatnya munfarid-_-.

Mandi Batman
Kalau kamar mandi penuh, terkadang pada milih mandi koboi. Di belakang asrama kan ada area nyuci dan otomatis banyak keran airnya, kebanyakan temen-temen ane pada pake celana pendek terus sampoan, sikat gigi, sabunan, dll pake keran air tersebut. Yang mau sabar menunggu bisa ngantri dengan menaruh perlengkapan mandinya di depan pintu kamar mandi dan bisa pergi menunggu di lain tempat hingga yang berada di kamar mandi selesai. Namun hati-hati, bisa diselak orang lain kalo perginya kelamaan, wkwk.

Nickname
Di angkatan ane udah pada punya nickname, wkwk. Namanya lucu-lucu lagi. Temen-temen ane tuh punya panggilannya masing-masing, misalkan “Black”, “Abah”, “Jarjit”, “Mr. Happy”, “Arabian oil”, “Penyok”, “Bang Bos”, “Pak Mentor”, “Pak Pres”, “Teungku Wisnu”, “Narjibayor”, dll. Banyak banget dah, ada-ada aja ya. Ane dipanggil apa? Em, panggilan ane tuh “Kakek/Mbah”, katanya sih gara-gara ane jarang lepas pakaian muslim pas belajar mandiri dan karena kata-kata ane yang sok bijak, wkwk.

Penyakit
Penyakit yang sering melanda anak Alba tuh penyakit pencernaan. Misalnya diare, konstipasi, dll. Jujur aja ane sering kena konstipasi di sini.

Personil Alba
Mulai dari kepsek, guru, hingga mbo-mbo dapur di sini semuanya ramah dan kami anggap orangtua sendiri. Kepsek Alba adalah guru kimia di sini, kata beliau “kepsek” hanyalah “status”, pekerjaan ya guru. Mereka semua tinggal di Alba ataupun di sekeliling Alba. Guru di sini selalu masuk kelas, jikalau ndak masuk, pasti ngasih alasan dan ngasih tugas. Mereka asik diajak ngobrol, kami semua satu keluarga di sini.

Perubahan Fisik
Ane ndak nyangka di Alba ane tambah tinggi, dan juga tambah berisi. Pas bukber RSBI pertama ane ukur tinggi ane dengan tinggi teman ane yang dulunya lebih tinggi dari ane, ternyata ane ngalahin dia, wkwk.

Puasa di Alba
Kami berpuasa di Alba 20 hari, 10 hari di rumah masing-masing a.k.a pulang. Wah, puasa di sini mah ndak terasa. Seperti hari-hari biasa aja, cepet banget, cuma ndak makan/minum/dll dari terbit fajar hingga maghrib. Kami harus bangun pukul 4 pagi untuk sahur di kantin, ane selalu pake jaket karena udaranya nusuk tulang, dingin banget. Setelah sahur terserah kita mau ngapain, mau ngaji sampe subuh, nonton Sahurnya OVJ, atau yang lainnya. Jelas ane pilih ngaji, haha. Pas deket maghrib, tiap 3 kamar bergilir untuk menyiapkan ta’jil. Kami berbuka di koridor masjid. Jadi tiap hari kami bukber, haha.

Rumor Sedap
Dari kakak kelas, katanya kalu kita jalan-jalan ke Cibadak pake seragam Alba (terutama batik), insyaAllah banyak orang yang ngomongin kita, terutama kalangan wanita, apalagi kalau pergi ke Smandak (SMAN 1 Cibadak). Katanya sih muka anak Alba cerah-cerah, mungkin dikarenakan sering wudhu dan sujud, hehe. Ditambah kalau emang mukanya udah ganteng dari lahir, beuh.. haha. Tapi sayangnya ane belum mencoba hal ini.

Sendal FW
Berhubung di Alba ada yang punya sendal yang mirip sama sendal ane, kami sering ketuker sendalnya -_-,  akhirnya ane namain pake spidol item dengan tulisan FW. Huruf F di sendal kiri, sedangkan W di sendal kanan. Selain menghindari make sendal orang, hal ini dilakukan juga agar ane selalu melihat F dan W berjalan berdampingan. Mengapa FW? Ya emm, begitu lah, hehe :p. Tapi kayaknya ane mau ganti sendal sekarang, capek ketuker melulu, padahal dah dinamain-_-.

Seragam Gaul
Di Alba baju seragamnya (baik putih-abu, batik, maupun muslim) dikeluarin dari celana, jadi kayak preman. Jadi ndak perlu rapi-rapi amat pas belajar. Namun kami diwajibkan mandi sebelum belajar, yang ndak mandi pasti ketahuan dari aromanya dan akan disuruh balik lagi ke asrama buat mandi.

Shalat
Shalat fardhu di Alba hukumnya wajib berjamaah di masjid. Shalat lail juga wajib berjamaah di masjid tiap Ahad, untuk hari biasa bisa munfarid di asrama. Untuk shalat sunnah qabliyah dan ba’diah juga wajib hukumnya di sini.

Tangga, tangga, dan tangga.
Dikarenakan Al-Bayan menempati daerah perbukitan, jadi dibutuhkan tangga untuk mencapai bangunan tertentu. Untuk ke Asput aja ane harus meladeni 30 anak tangga dulu. Belum ke kantin, masjid, kela, koperasi, dll. Dijamin betis ane jadi dah, haha.

Target Khatam
Selama puasa, kami ditargetkan khatam sekali sebelum pulang. Alhamdulillah ane khatam pada hari ke-15 (15 Agustus 2011), dan jujur aja, itu adalah khatam pertama ane._. Ane ini bisa dibilang males ngaji (parah banget), semoga kebiasaan ane berubah selama di Alba. Oh iya, ada yang khatam hingga 4 kali sebelum pulang. Tujuh siswa yang paling banyak khatam akan diberi hadiah. Jelas ane bukan salah satu dari mereka.

Teman-teman
Wah, dari bangun pagi hingga tidur lagi, dari asrama hingga ke asrama lagi, dari terbit fajar hingga terbt fajar lagi, ketemunya mereka-mereka doang, ampe bosen, wkwk. Namun itu semua yang membuat diri kami sebagai satu keluarga, satu saudara yang peduli akan saudara yang lain. Bayangkan saja, 79 orang tinggal dalam satu atap yang sama untuk waktu yang lama. Namun, tetap saja tak ada yang sebanding dengan teman-teman SMP ane. Oh iya, di angkatan ane ada temen SD-nya Ihsan & Alwin (temen SMP ane). Juga temen SD-nya  Dadam, Lia, Mukti, dkk (temen SMP ane). Dan bahkan temen SD-nya Kevin & Dhea (temen SMP ane). Bahkan ane baru menyadari ada 9 orang yang menjadi teman dari teman SD ane (pasti bingung, wkwk). 

Ulangan di Alba
Ulangan di sini relatively often, bahkan almost always. Bagaimana tidak, setiap selesai bab langsung ulangan. Terkadang, karena semua pelajaran selesai bab dengan berbarengan pada suatu pekan, pekan depan ulangannya pun berbarengan, jadi pekan itu full ulangan dari Senin hingga Sabtu. Udah kayak semesteran aja-_-. Bobot soal di sini pun lebih tinggi dari kebanyakan sekolah lain, sehingga remedial pun tak bisa dihindarkan. Kebanyakan murid sudah tak heran lagi jika dirinya remed, malahan ada murid yang terheran-heran kalau dirinya tidak remed. Lebih baik remed daripada berlaku curang.
~~~
Oke, kayaknya baru segitu aja deh... InsyaAllah ane akan update setelah ane menemukan fakta menarik lainnya.

Wassalamu’alaikum!

1 komentar:

  1. thanks info tentang albanya.. insyallah ane mau nyoba masuk ke sana

    BalasHapus