Minggu, 03 Februari 2013

Asumsi Ending The House of Hades

Assalamu'alaikum..

Dah lama ga ngeblog nih, cuma mau sharing aja... Ente-ente pada tau tentang seri The Heroes of Olympus ga? Itu tuh yang karya Rick Riordan... Sampai entri ini dibuat, seri itu udah ngeluarin 3 buku (The Lost Hero, The Son of Neptune, dan The Mark of Athena). Buku keempat yang berjudul The House of Hades insyaAllah dirilis sekitar bulan Oktober tahun ini. Masih lama........

Anyways, di sini ane mau coba sharing asumsi salah satu endingnya The House of Hades aja... Ane ngambil data dari analisis kedua buku sebelumnya... Check it out guys :)

WARNING: SPOILERS CONTAINED (Tidak dianjurkan untuk yang belum baca serinya hingga Mark of Athena)

ENDING:

Percy dan Annabeth berpisah di pintu ajal. Annabeth tetap tinggal di pintu ajal sisi tartarus guna menutupnya saat Percy kembali ke dunia fana untuk melanjutkan perjalanan menuju Negeri Kuno.

ANALISIS:

Di Mark of Athena, dijelaskan bahwa untuk menutup pintu ajal, harus ada 2 tim yang bekerja secara simultan (serempak) dari kedua sisinya. Nico bilang bahwa pintu ajal bekerja bak segel ganda. Dan Leo paham bahwa segel ganda berfungsi jika disegel dari kedua sisi secara bersamaan. Berarti harus ada yang tetap di pintu ajal sisi tartarus untuk menutupnya, yang pada akhirnya mengurung dirinya di sana.

Di Son of Neptune, berkali-kali dijelaskan bahwa Percy menghadapi cobaan berat sebentar lagi. Hal ini diutarakan pertama kali oleh Juno. Ketika dia memberi Percy pilihan untuk pergi ke laut untuk memulai hidup baru atau menggendongnya dan menghadapi masa depan yang pedih (kehilangan yang belum pernah Percy rasakan. Juga kesempatan untuk menyelamatkan keluarga dan kawan lama). Kali kedua dijelaskan oleh Mars ketika dia berbicara pada Frank di rumah neneknya. Mars bilang bahwa Percy tak lama lagi akan menghadapi pengorbanan yang tak sanggup ia lakukan..

Dari kedua poin tersebut, ane sumsikan bahwa cobaan dan pengorbanan terberat Percy adalah meninggalkan Annabeth di pintu ajal sisi tartarus untuk menutupnya, karena dia sendiri harus melanjutkan perjalanan melawan Gaea. Dengan begitu larik ramalan yang pertama -7 demigods shall answer the call- berarti menjawab panggilan untuk ke negeri kuno, bukan hanya menjawab panggilan ke Roma, membuat kesan demigod yang ke tujuh adalah Nico di Angelo, bukan Annabeth. Di bagian belakang buku Mark of Athena versi Indonesia juga terdapat 7 simbol berbentuk lingkaran, merepresentasikan 7 demigod dalam ramalan. Dan simbol yang ketujuh adalah "tanda tanya", yang berarti mungkin demigod yang ketujuh belum terkuak antara Annabeth atau Nico.

--o--

Tentu saja itu hanya sebuah asumsi. Riordan punya caranya sendiri untuk memberi kita kejutan dengan plot yang tak terduga-duga. MASIH banyak kemungkinan-kemungkinan ending lainnya. Itu semua terserah Riordan nantinya.

Jangan down dulu untuk fans-nya Percabeth. Ada satu hal lagi yang mungkin bisa berdampak pada asumsi yang saya berikan. Di Son of Neptune dan Mark of Athena, Percy sering kali memikirkan bahkan mendapat visi (walau hanya sekilas) tentang masa depannya bersama Annabeth di New Rome. Mungkin hal tersebut menandakan akan terjadinya happy ending, entah dengan satu atau lain cara. Yang pasti, Riordan tak mungkin menyisipkan hal unik tersebut tanpa suatu alasan...

Sekian asumsi yang dapat saya berikan, sekiranya dapat mengisi hari-hari menunggu untuk buku keempatnya. Yah, kalo aja Riordan mau ngasih bocoran sedikit tentang buku keempatnya... Udahlah, mendingan nunggu dan dapet surprisenya nanti, iya ga?

Happy waiting!!!
Wasslamu'alaikum.

2 komentar:

  1. hehe makasi udh ngasi gambaran yg bakalan menyesakkan ini :D
    sy sih berharap percy sama annabeth bakal tetep langgeng..
    yah kalo mnurut sy jg Nico itu demigod ke7 deh.. soalnya sy suka Nico karakternya baik n misterius.. :D

    BalasHapus
  2. Di Demigod Diaries, Riordan menyatakan siapa saja ke7 demigod itu, dan Nico tidak termasuk... baru aja kelar baca :P

    BalasHapus